Foto: Piaxabay.com


Hai sobat  Gafur yang  keren, sudah  baca Al-Qur'an hari  ini?  Buat sobat yang  muslim, tahu  kan,  cara baca kitab  suci  kita?  Yang  belum  bisa,  belajar  yang  rajin ya. Gafur  juga  siap  berbagi ilmu  cara bacanya,  kok.  Caranya? Ajak ngopi dong. Hehe.  

Oh iya,  apa dirasakan  sobat Gafur saat baca Al-Qur'an? Tenang, adem di hati,  atau gimana?  Hmmm,  kali  ini  Gafur  mau kasih tahu sejumlah  manfaat membacanya. Bukannya  dapat  pahala ya? Ups,  dapat  tidaknya pahala  bukan  urusan Gafur.  Itu urusan  malaikat untuk  mencatat.  Dan itu rahasia Allah.  

Ngomongin baca Al-Qur'an, ya  tidak  harus baca versi cetak, sobat bisa  baca lewat  android.  Gak punya  aplikasi Al-Qur'an  digital? Ya download, sobat. Sayang kan kalau android sobat cuma buat sosmed sepanjang hari? Sesekali lah,  gunakan  untuk kebaikan,  salah  satunya  baca  Al-Qur'an di ponsel pintar sobat itu.  

Nah,  bagi muslim sejati, Al-Qur’an bukan sekadar kitab suci belaka. Lebih dari itu, Al-Qur’an merupakan firman Allah. Isi Al-Qur’an dapat menjadi sumber pembelajaran dan pedoman hidup bagi kehidupan umat Muslim. Membaca Al-Qur’an memberikan banyak sekali manfaat. Ini  terbukti  kepada  Gafur  sendiri, kok.  Misal setelah  sobat  rajin  ada manfaat  lain  selain  yang  Gafur bagikan  ini,  ya syukurlah. Amin.. 

Oh iya sobat, untuk tahu  beberapa manfaatnya, langsung  saja ya,  sobat  baca  tulisan Gafur  ini.  Pastikan  sampai  selesai,  ya! Hehe. 


Terhindar Dari Stres dan Mendapat Ketenangan

Selama masih hidup di dunia, tidak ada satu pun orang yang lepas dari masalah. Sebagian besar masalah hidup menyebabkan kita mudah sekali terserang stres. Hidup menjadi gelisah, kebingungan serta tidak tenang. Pikiran menjadi fokus pada permasalahan  yang terjadi. Sehingga lupa bahwa ada banyak hal yang jauh lebih pantas kita syukuri. Masalah juga tidak sepenuhnya hengkang dari kehidupan kamu yang para remaja. Tapi  kaum  dewasa  juga  tidak kalah  banyak  masalah  yang  muncul.  Ya,  kan?  

Ada banyak hal yang membuat kita bingung, galau hingga stres. Semua itu wajar. Hidup penuh masalah itu biasa. Yang tidak biasa ialah, bila kita terjatuh terlalu dalam hanya karena masalah sepele. Nah, kalau sobat rajin baca Al-Qur’an, dijamin deh akan terhindar dari stres. Dengan rajin membaca Al-Qur’an, masalah memang tidak akan selesai begitu saja. Tapi setidaknya pikiran menjadi lebih tenang serta tidak stres lagi. Semakin banyak dan Istiqamah sobat membaca Al-Qur’an, pikiran akan semakin tenang. Insyallah. 


Membuat Pikiran Dapat Berpikir Jernih

Nah,  yang  kedua  nih,  ketika sobat sudah lebih tenang sebab istiqamah membaca Al-Qur’an, pikiran pun menjadi lebih jernih. Pikiran yang jernih akan mendatangkan kebaikan luar biasa. Salah satunya ialah mudah sekali berpikir menemukan solusi atas setiap permasalahan. Otak kita bila ibarat komputer, sesungguhnya memiliki memori dan prosesor yang tidak terbatas. Bahkan bila dibiarkan, otak bisa bekerja selama 24 jam penuh tanpa beristirahat sedikitpun. Namun beragam permasalahan, kebingungan dan rasa stres menjadi virus yang memperlambat kinerja otak. Ketika otak terserang virus, maka yang dibutuhkan adalah antivirus. Salah satu antivirus otak ialah membaca Al-Qur’an. Semakin rajin kita membaca Al-Qur’an, ibaratnya kita semakin sering melakukan scan terhadap otak. Kinerjanya pun semakin optimal.


Menjadikan Otak Lebih Kreatif

Otak merupakan perangkat komputer tercanggih di dunia. Bila komputer hanya mampu menciptakan atau memproses program sesuai perintah penggunanya, otak mampu melakukan lebih dari itu. Otak memiliki kemampuan yang disebut dengan kreatifitas; kemampuan menciptakan sesuatu yang berbeda, unik dan baru.

Meningkatkan kreatifitas otak salah satunya bisa ditempuh dengan rajin membaca Al-Qur’an. Sebab sebagaimana telah dijelaskan pada poin sebelumnya, bahwa Al-Qur’an dapat berfungsi sebagai antivirus bagi otak. Sering dan istiqamah membaca Al-Qur’an dapat meningkatkan kemampuan otak. Salah satunya, ya meningkatkan kreatifitas. Sebagai manusia, apalagi  masih  muda yang  dibekali  akal,  kita tentu dituntut untuk menjadi pribadi yang kreatif di dalam menjawab tantangan zaman. Bila tidak, kita akan tergilas atau tertinggal. Waduh,  jangan  sampai ya, sobat. Sehingga kreatifitas amat diperlukan terutama bagi kaum muda. Nah, untuk meningkatkan kreatifitas otak, ayo rajin membaca Al-Qur’an.


Mempertajam Ingatan dan Menunda Kepikunan

Pikun di usia muda? Udah gak jaman. Masih muda tapi sudah pelupa. Padahal dulu sewaktu masih kecil, diminta menghapal bukan merupakan perkara yang sulit. Mudah lupa merupakan tandanya daya ingat atau memori otak kita lemah. Meletakan barang penting seperti handphone saja lupa. Bahkan yang paling parah, pembicaraan yang dilontarkan beberapa detik yang lalu sudah lupa di detik berikutnya. Ini sudah merupakan gejala pelupa akut. Orang yang mengalami hal ini biasanya orang yang memiliki begitu banyak tanggungjawab dan masalah hidup. Namun sebanyak apapun tanggungjawab kita, jangan sampai menjadi pelupa.

Nah, rajin membaca Al-Qur’an dengan dinyaringkan pada waktu pagi (sehabis subuh)  dan sore ( bisa setelah  shalat  magrib) akan mampu mempertajam daya ingat. Di kedua waktu tersebut, otak sedang fresh. Sehingga sangat baik bila digunakan untuk melatih daya ingat. Membaca Al-Qur’an secara nyaring dapat menjadi sarana latihan yang efektif. Karena pada saat membaca Al-Qur’an, kita membaca sekaligus mendengarkan. Artinya kita memberikan, menerima sekaligus memproses informasi. Ketika mendengar bacaan Al-Qur’an, otak akan berkonsentrasi takut bila ada bacaan yang salah. Ketika ada kesalahan yg disadari, otak akan langsung memproses dan memperbaiki bacaan tersebut. Itulah latihan sederhana untuk meningkatkan daya ingat melalui bacaan Al-Qur’an. 


Menjadi Obat Hati dan Fisik

Sudah sejak lama kita ketahui bahwa membaca Al-Qur’an dapat menjadi terapi obat bagi penyakit hati dan penyakit fisik. Penyakit hati seperti iri, dengki, hasut, riya’, sombong dan lain sebagainya dapat dihancurkan dengan cara rajin membaca Al-Qur’an. Eh,  kamu  pernah  punya  penyakit hati nggak?  Iri,  dengki,  riya' bahkan  sombong?  Sudah, obati  saja dengan rajin baca Al-Quran. Nah,  tentu bacaan yang disertai rasa ikhlas semata mengharap ridha Allah. Kalau niatnya sudah tidak benar, hanya akan menambah penyakit hati yang lain. Penyakit yang ada justru semakin parah. Astagfirullah,..

Selain obat penyakit hati, membaca Al-Qur’an juga dapat menjadi obat bagi penyakit fisik. Rasulullah dan ulama terdahulu juga sudah mempraktikkan pengobatan melalui bacaan Al-Qur’an.


Sebagai Sarana Berdzikir

Dzikir atau mengingat Allah merupakan sesuatu yang amat kita butuhkan. Baik secara fisik maupun psikis. Dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang. Hati yang awalnya galau, mendadak menjadi lebih optimis dan termotivasi. Cara paling sederhana mengingat Allah ialah dengan menyebut nama-Nya berkali-kali disertai perasaan berserah diri. Selain itu, membaca Al-Qur’an juga menjadi salah satu cara mengingat Allah. Coba deh,  sambil  ucapkan kalimat  toyyibah , 3 kali  saja.  Gimana?  Sudah baca? merasakan damai, kan? 


Pengetahuan dan Inspirasi Bertambah

Al-Qur’an bukan hanya bacaan yang tidak bermakna. Al-Qur’an merupakan firman Allah yang di dalamnya berisi hukum syariat, kisah-kisah umat dan nabi terdahulu, informasi seputar masa depan, informasi ilmiah dan lain sebagainya. Kalau kita membaca Al-Qur’an sekaligus mempelajari, pengetahuan kita akan bertambah. Mempelajari Al-Qur’an tentu tidak cukup dengan membaca ayatnya. Kita bisa membaca terjemahan dan tafsir Al-Qur’an bila ingin mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam. Kalau  tidak  tahu  bahasa arab,  bisa kok  ambil pemahaman dengan  baca terjemahannya.  Tapi  kudu  hati-hati ya,  jangan  sempit  memahami isi Al-Quran. Harus  juga  minta  belajar kepada ahlinya. Minimal, lewat  kitab  tafsir  yang  berbahasa  Indonesia.


Dapat Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Kalau kita dapat mengambil pembelajaran untuk diri sendiri setelah membaca Al-Qur’an, tentu itu lebih baik. Toh memang itulah fungsi utama Al-Qur’an, sebagai pedoman hidup. Maksudnya, bukan lantas membaca ayat Al-Qur’an saja itu merupakan perkara yang sia-sia.  Membaca ayat-ayat Al-Qur’an tetap memberikan manfaat. Namun alangkah lebih baik bila disertai pemahaman yang baik pula. Dan pemahaman yang baik akan berguna bila dimanfaatkan sebaik mungkin, minimal dalam kehidupan pribadi sehari-hari.


Sobat Gafur  yang  baik,  itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh bila kita rajin membaca Al-Qur’an. Manfaat di atas langsung kita rasakan sewaktu masih ada di dunia. Nanti di akhirat beda lagi. Karena di akhirat kelak, Al-Qur’an akan menjadi penolong bagi orang-orang yang rajin membacanya, terlebih mencintai Al-Qur’an. 


Selamat mencoba ya, sobat.  Semoga  sobat  diberikan  petunjuk  untuk  rajin  dan tidak  bosan  baca Al-Quran  tiap  hari.  Keep spirit!


Oleh: Gafur Abdullah