Abd Gafur nama pemberian orangtuaku sejak lahir. Di dunia maya dan kepenulisan saya dikenal  Gafur  Abdullah. Akrab dipanggil Gafur. Aku lahir di Pamekasan pada tanggal 11 Januari 1996 tepatnya di Desa Ragang kec. Waru kab. Pamekasan. Aku putra bungsu dari Pasutri Musawi dan Juwa. 
Jejak pendidikanku tercatat di MI Miftahul Ulum Ragang, MTsN Model Sumber Bungur, MA Sumber Bungur Pakong, dan pendidikan sarjanaku tuntas di IAIN Madura pada konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam. 

Aku memiliki pengalaman berorganisasi. Namaku pernah tercatat di struktural organisasi yang kuikuti. Menjadi anggota OSIS sewaktu di MTsN Sumber Bungur, Ketua OSIS MA Sumber Bungur (2012-2013), Wakil Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Ranting Sumber Bungur (2011-2012), Ketua Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia cabang Pamekasan (2015-sekrang), pengurus Komisariat PMII STAIN Pamekasan (2016-2017), anggota UKM PI dan Riset STAIN Pamekasan 2014-2015, Pengurus UKK LPM ACTIVITA (2015-2016), Pimpinan Umum UKK LPM ACTIVITA STAIN Pamekasan (2016-2017).  Pengurus Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Dewan Kota Madura 2017-2018, Anggota rumah Kreatif BUMN Indonesia (2017-sekarang), wartawan Majalah Warta IAIN Madura (2015-2018). Founder Rumah Baca Ratim. Pengurus Cabang  PMII Pamekasan  2019-2020. 
Tidak hanya beroganisasi, aku juga aktif menulis di media cetak maupun online. Di media online, ia menjadi Freelance atau penulis lepas di berbagai blog dan website. Seperti di Trenlis.co, Jejakmadura.com, Sehatcaraku.com, Jatimactual.com, Bacagatged.com, Desalaman.com, www.hostmoter.com, www.famindonesia.com, Emadura.com. 

Aku sudah menerbitkan buku antologi bersama beberapa penulis di Indonesia. Buku tersebut anatara lain; Yang Membuka Pintu Surga (kumpulan puisi, FAM Publishing 2016), Sekeping Cinta di Bawah Langit Kelabu (kumpulan cerpen, FAM Publishing, 2015),  Kenangan di Bulan September (CV.Landasan Ilmu, 2016), Ibu (kumpulan puisi, Kaifa Publishing, 2016), dan buku kumpulan cerpenku sendiri berjudul Lembaran yang Terbuka (Bebuku Publisher, 2016). Aku pernah nulis Non Fiksi berjudul  : Tuhan, Di Mana Jodohku Sekarang? (Quanta, Gramedia 2019). Tak lupa, aku sempatkan mengisi blog pribadinya; gafurabd.blogspot.com. 

Karyaku berupa cerpen, resensi sering nangkring di Kabar Madura dan Mediajatim.com.  Pernah menjadi wartawan Harian Kabar Madura di akhir 2019. Dan sekarang sedang aktif di Mediajatim.com. juga alhamdulillah jadi  kontributor  lepas di Mongabay.co.id.