Entah apa sebenarnya nama yang tepat pada saat nyemplung ke dalam air dengan menggunakan sarung seperti di gambar di bawah ini. Namun yang jelas, permainan ini dilakukan anak desa ketika mandi di sungai atau kali. Karena tak ada namanya, tak salah aku beri nama Nyemprung  nyemplung dengan air.

Kalau memang tidak sejarahnya, berarti aku mungkin jadi orang pertama memberi nama atas permainan itu. Syukur-syukur kalau sampai diakui sebagai permainan asli karya anak Indonesia. Dan yang lebih membahagiakan jika permainan itu sampai diakui oleh unisco, sebagai permainan dan budaya asli Indonesia. Semoga saja.

Mengingat permainan itu, aku jadi teringat teman-teman dan saudara se kampung. Mereka adalah  Udy Hardjo,  Aguess Sii Tachi,  M Arief Billah, Wahyudiey, Anwar Rilax, Sabrun Akotes, Abror El-real,  Taufiq Idris, Acung Syamsul, Ayieb Barbershop, Rudy Hamza, Ainul Yaqin El-baha  dan banyak lainnya.

Biasanya, aku dan teman-teman mandi sambil bermian Nyemprung itu saat sekolah sedang libur. Sungai yang jadi tempat bermain itu disebut  ngaipegek (sungai putus) dan ngai-Dul Karim.

Dua nama sungai itu juga ada sejarahnya.  Dari sejarah yang ada-walauoum dari mulut ke mulut, terkesan lucu tapi masuk akal.

Ngaipegek (Sungai Putus)
Asal muasal sungai ini dinamakan ngaipegek karena sungai itu sempat putus arusnya.  Inilah alasan aku mengatakan sejarah asal muasal sungai ini lucu. Semasih aku kecil, sungai ini menjadi sungai favorit untuk dijadikan tempat mandi sekaligus bermian Nyemprung oleh anak-anak kampung Bates Timur.  Tapi, karena sungai itu semakin dalam atau alasan takut ketika bermian di sana, anak-anak sekarang jarang kutemukan mandi di sana.

Ngai-Dul Karim

Mungkin, kalau diperhatikan, nama sungai ini menyelipkan atau mengambil nama seseorang.  Ya, memang begitu adanya. Alasan sungai itu diberi nama ngai-Dul Karim ini karena sungai itu dekat dengan rumah warga bernama Abdul Karim.  Namun orang itu sudah meninggal.  Allahumma firlahu. Tanpa disadari, nama Dul Karim, panggilan orang setempat, abadi  dengan julukan pada sungai itu.




25 2018